Wujudkan Masyarakat Tanpa Riba Launching dan Opening Koperasi Syari'ah ASA NUSANTARA Sukses




Limapuluh Kota, SagoNews.com

Ada hal istimewa dari koperasi syari'ah di Nagari Andaleh, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Yaitu Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaaan Syari'ah (KSPPS) ASA Nusantara. 

Bergerak dari konsep dan kesadaran bersama antar anggota ( masyarakat ) dan pengurus, untuk menghindari praktik simpan pinjam berbunga. Koperasi ini bagaikan setetes embun kesejukan, dalam gersangnya sistim pinjam - meminjam atau maraknya pinjaman online saat ini. 

Hal yang paling menonjol dari koperasi ASA Nusantara adalah, adanya program "TEGAS" akronim dari Tebus Gadai Syari'ah. Itu merupakan solusi yang dihadirkan untuk memberantas sistim gadai sawah, tanah atau kebun yang terjadi di tengah masyarakat, yang terjadi bertahun - tahun dan tidak sesuai dengan syari'ah islam.

Direktur KSPPS BMT ASA NUSANTARA Antonius Budiarto, ST dalam sambutannya, mengatakan banyak program yang ditawarkan oleh koperasi, seperti Simpanan Pendidikan (Sidiq) , Simpanan Haji dan Umroh, simpanan berjangka, dan sejumlah program lainnya yang pro masyarakat. Terutama program TEGAS tersebut. 

Hal senada diungkapkan oleh dewan pengawas koperasi Ustad Desembri dan Ustad Akbarul Fahmi, tokoh ulama di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota itu, mendukung penuh keberadaan KSPPS BMT ASA NUSANTARA tersebut. 

Secara filosofis, nama Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari'ah Bersama Menuju Terbaik Anugerah Sejahtera Andalas Nusantara ini kami sepakati, karena mempunyai visi yang tinggi, agar masyarakat di Nagari, di daerah hingga ke nasional atau nusantara bisa terbebas dari praktik riba, ungkap Ustad Desembri dirangkum media ini, Kamis (01/08/2024).

Ustad Akbarul Fahmi yang juga ahli Falaq muda itu, mengungkapkan pentingnya koperasi berbasis syari'ah, "sehingga tidak adalagi terdengar kasus - kasus kriminal yang disebabkan oleh masalah hutang - piutang," ucapnya.  

Wali Nagari Andaleh yang diwakili oleh sekretaris nagari, menyambut dengan sangat baik kehadiran koperasi syari'ah ASA NUSANTARA tersebut, "ini merupakan solusi dari persoalan riba yang terjadi di tengah masyarakat, selaku instrumen nagari kami siap mensosialisasikan program koperasi ini kepada jemaah pengajian," ucap Zekri Dt Rajo Tanadil. 

Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (DisperdagkopUMKM) Limapuluh Kota, juga menyambut dengan baik kehadiran koperasi syariah ASA Nusantara. Hal itu ditandai dengan dibukanya secara langsung Launching dan Opening koperasi oleh sekretaris dinas Perdagkop, Orlanda, ST,MT.

"Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim , semoga kita bersama - sama dapat menjadi bagian dari koperasi syariah ASA Nusantara dan dapat terus bertumbuh sesuai visi - misinya," ucap Orlanda. 




Hadir dalam pembukaan itu, puluhan masyarakat nagari Andaleh, kepala - kepala sekolah di nagari Andaleh, Camat Luak, kepala - kepala jorong nagari Andaleh, pimpinan PDM Limapuluh Kota, Forkopimca, Koramil, mantan ketua DPRD Limapuluh Kota, Ismardi, pengurus MUI Limapuluh Kota, Akmul DS dan peserta lainnya.

(frp)