BUPATI SAFARUDDIN TUTUP SIBALAM BAGODANG, DUKUNG PENUH PONGEK SITUJUAH UNTUK DILESTARIKAN




Banda Dalam, SagoNews.com

Alek Besar nagari Situjuah Banda Dalam dengan nama SIBALAM BAGODANG yang dilaksanakan di Lapangan Tumpas Jorong Padang Ambacang Situjuah Banda Dalam, Senin (19/8) ditutup secara resmi oleh Bupati Lima Puluh Kota, H. Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, SH.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa ia apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan penampilan sanggar anak nagari serta Lomba Mamongek Cubodak yang menjadi andalan kuliner masyarakat Situjuah.

"Saya sangat bangga oleh kegiatan yang dilaksanakan Nagari Situjuah Banda Dalam dengan penampilan anak nagari saat ini, SIBALAM BAGODANG sudah sama levelnya dengan Pekan Budaya Lima Puluh Kota. Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Situjuah Banda Dalam yang sudah bahu membahu untuk mensukseskan acara ini,” ujar Bupati Lima Puluh Kota bersama Anggota DPRD Lima Puluh Kota M.Fajar Rillah Vesky.

Lomba mamongek cibodak (nangka.red) di Situjuah Banda Dalam



"Saya juga apresiasi setinggi-tingginya karena ingin melestarikan Pongek Cubadak, kita akan bantu memfasilitasinya dengan Dinas terkait, semoga kedepannya kolaborasi antara pemerintahan nagari dengan pemerintahan daerah bisa berjalan dengan baik dan pastinya Pemerintah Daerah akan mendukung penuh kegiatan ini,” lanjut Safaruddin.

Lakon Siska, Wali nagari Situjuah Banda Dalam mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Lima Puluh Kota beserta Anggota DPRD Lima Puluh Kota M.Fajar Rillah Vesky atas kehadirannya pada acara festival Sibalam Bagodang ini.

"Terimakasih kepada pimpinan daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, Bupati H.Safaruddin Dt.Bandaro Rajo,SH atas kehadirannya. Kegiatan ini yang sama-sama kita ketahui memiliki banyak manfaat untuk masyarakat Situjuah Banda Dalam guna mengeksplor kearifan lokal segala bidang, terkhusus Nagari Situjuah Banda Dalam, bisa memberikan manfaat yang signifikan terutama di bidang ekonomi dan adat tradisi,” papar Lakon Siska.

Lebih lanjut, Lakon juga mengatakan bahwa Nagari Situjuah Banda Dalam mempunyai potensi budaya yang kaya, antara lain bidang kebudayaan, ekonomi dan pariwisata serta UMKM.

"Dengan adanya kegiatan ini harapan kita akan menjadikan momentum bagi kita bersama meningkatkan persatuan dan kebersamaan kita sinergitas antara sesama. Ini adalah poin utama sekali dengan adanya kegiatan ini, nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya,” tutup Lakon Siska.

Foto : Malam Pembukaan Sibalam Bagodang dihadiri anggota DPRD Ubetra Syandra Dt dan Benni Okva Della



Acara ini di hadiri oleh Bupati Lima Puluh Kota, Anggota DPRD Lima Puluh Kota M.Fajar Rillah Vesky, Camat Situjuah Limo Nagari, Walinagari Situjuah Banda Dalam, Ketua Panitia Sibalam Bagodang Yorry Anetof, Bamus Situjuah Banda Dalam, Lembaga Nagari Situjuah Banda Dalam dan tokoh masyarakat Situjuah Banda Dalam.

Dalam penutupan tersebut juga diumumkan pemenang seluruh lomba yang dilaksanakan di Sibalam Bagodang. Jorong Padang Ambacang terpilih sebagai Juara Umum dalam Sibalam Bagodang Tahun 2024. Adapun pemenang di kegiatan Sibalam Bagodang sebagai berikut : Lomba Mars PKK diraih jorong Sungai Jilatang, jorong Banda Dalam dan jorong Koto Baru. Lomba Tari Kreasi dibawah 30 Thn diraih jorong Padang Ambacang, jorong Sungai Jilatang dan jorong Gurun. Lomba Tari Kreasi diatas 30 Thn dimenangkan oleh jorong Banda Dalam, jorong Subarang Tabek, dan jorong Padang Ambacang.

Lomba Mamongek Cubadak dimenangkan oleh Jorong Padang Ambacang, jorong Banda Dalam dan jorong Gurun. Lomba Adat Salingka Nagari dimenangkan oleh jorong Koto Baru, jorong Banda Dalam dan jorong Padang Ambacang. Pawai Alegoris Terbaik diraih oleh jorong Padang Ambacang, jorong Subarang Tabek, dan jorong Tangah Padang. Lomba Stand Pameran Terbaik diraih oleh Jorong Tangah Padang, Jorong Padang Ambacang dan Jorong Talaweh. Disamping itu juga ada penghargaan untuk Pawai Alegoris Satuan Pendidikan Terbaik yang diraih oleh SD IT Bustanul Ulum, UPTD SDN 03 Situjuah Banda Dalam, dan UPTD SDN 02 Situjuah Banda Dalam. Serta Peserta Pawai Terbanyak didapat oleh Jorong Padang Ambacang.

"Kita berharap di Tahun depan Sibalam Bagodang bisa lebih meriah dari tahun ini dan lebih banyak perlombaan yang akan dipertandingkan, Selamat kepada para Juara, dan sampai jumpa di SIBALAM BAGODANG Tahun 2025", Tutup Lakon Siska. (Red)