Madani Islamic School Payakumbuh Laksanakan Qurban Para Siswa Semblih 9 Ekor Hewan Qurban

Suasana penyemblihan hewan qurban di Madani Isalmic School , Payakumbuh (18/6/24)


Payakumbuh, SagoNews.com

Perguruan Madani Islamic School Payakumbuh laksanakan penyemblihan hewan qurban di Komplek Perguruan Madani Islamic School Payakumbuh Kelurahan Koto Tangah Payakumbuh Barat pada hari selasa 18 Juni 2024. Pelaksanaan Qurban di Madani ini merupakan pelaksanaan tahun ke 4 dan melibatkan para siswa dan orang tua wali murid serta para guru. 
Hal ini merupakan bentuk pembelajaran pelaksanaan ibadah bagi siswa. 

Kepala SDIT Madani Islamic School Payakumbuh Wahid Nova Putra menyatakan penyemblihan qurban di Madani tahun 1445 ini sebanyak 9 ekor hewan qurban terdiri dari 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

"Alhamdulillah kita tahun ini ada peningkatan penyemblihan qurban yaitu 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing, meningkat dari tajun-tahun sebelumnya yang hanya menyemblih 1 ekor sapi dan beberapa ekor kambing", ucap ustad Wahid di sela-sela kegiatan penyemblihan qurban.

Wahid juga menyebutkan pada tahun ini peserta qurban tidak hanya wali murid atau orang tua siswa dan para guru saja, akan tetapi juga melibatkan para siswa  dengan cara menabung tiap hari atau tiap pekan.
"Pada tahun ini kita cukup bangga, diawal tahun ajaran 2023/2024 kita meluncurkan program tabungan qurban siswa, para siswa kita ajak untuk menabung untuk belajar beribadah qurban dan alhamdulillah mereka sangat antusias untuk ikuti program ini", ungkap Wahid.




Wahid juga menambahkan bahwa di Madani mengajarkan para siswa selain pembelajaran formal sesuai kurikulum juga mengajarkan tatacara dan praktik pelaksanaan  ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah, seperti shalat wajib, shalat sunnah dhuha, puasa sunnah senin-kamis, berinfak untuk membantu sesama dan termasuk berqurban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan.
"Kita menyadari bahwa tujuan sekolah atau belajar itu adalah bagaimana kita menghadirkan nilai-nilai kebaikan dan kemajuan ditengah-tengah kehidupan, dan pembelajaran yang berhasil tentu ketika pembelajaran dalam kelas dapat tereliasasi ditengah kehidupan kita, kita sangat senang ketika para siswa hadir menyaksikan prosesi ibadah qurban mereka, para orang tua juga antusias mendampingi anak-anak mereka, semoga apa yang kita inginkan berupa terwujudnya masyarakat berperadaban madani dapat diwujudkan dimasa depan", harap Mahasiswa Pascasarjana UIN Mahmud Yunus Batusangkar ini.

Sementara masyarakat yang menerima daging qurban dari Madani sangat bersyukur dan berterimakasih. "Alhamdulillah kami dapat juga merasakan daging qurban tahun ini, terimakasih kepada sekolah Madani yang telah berbagi dengan kami dikomplek ini, kalau tidak ada Madani berbagi daging qurban mungkin kami tidak merasakan makan daging qurban", ucap seorang warga yang enggan disebutkan namanya.
(Wengki)